Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 6 langkah sukses IELTS Reading Test, seperti yang kita ketahui, banyak sekali kandidat IELTS dari Indonesia mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tes ini dikarenakan beragam sebab, sehingga mereka gagal untuk mencapai band score target yang mereka inginkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa saya sarankan bagi anda yang ingin sukses mengerjakan IELTS Reading Test.

1. Pahami Bacaan Secara Menyeluruh

Saat mengerjakan, sering kali saya jumpai kandidat berusaha keras untuk memahami kata demi kata yang terdapat di bacaan. Tidak salah sebetulnya, tetapi mengingat waktu yang terbatas, tentunya strategi yang lebih baik mutlak dibutuhkan. Saya menyarankan kandidat IELTS untuk memahami bacaan bukan dari kata per kata melainkan secara konteks secara keseluruhan. Penting bagi kandidat IELTS untuk menguasai teknik skimming dan scanning agar dapat memperoleh skor target dalam reading, dan tidak lupa bahwa pemahaman kosakata yang luas tentunya akan sangat membantu anda dalam mengerjakan tes IELTS secara keseluruhan.

2. Jangan Habiskan Terlalu Banyak Waktu di Satu Pertanyaan

Sebenarnya ini adalah strategi yang sangat umum kita gunakan di setiap tes yang kita hadapi di bangku sekolah. Sangat penting bagi kandidat IELTS untuk membagi waktunya secara bijaksana dalam mengerjakan tes IELTS. Perlu diingat bahwa waktu yang diberikan untuk tes IELTS reading hanyalah 60 menit, dan di waktu yang terbatas tersebut, kandidat akan mengerjakan 40 pertanyaan yang terbagi dalam 3 bacaan yang cukup panjang (sekitar 900-950 kata per bacaan). Oleh karena itu, jika anda terpaku dan menghabiskan terlalu banyak waktu di satu pertanyaan, bisa jadi anda tidak akan menyelesaikan tes ini tepat waktu. Segeralah beralih ke soal lain apa bila anda merasa belum menemukan jawabannya, dan kembalilah ke sana ketika anda telah menjawab semua pertanyaan yang lain.

3. Berikan Alokasi Waktu untuk Mentransfer Jawaban ke Lembar Jawaban

Dalam reading dan listening IELTS, kandidat akan mengerjakan semua soal di lembar soal yang diberikan. Lembar soal ini bisa ditulisi ataupun diberikan berbagai garis dan tanda sesuai kebutuhan masing-masing kandidat. Yang sering kali menjadi masalah adalah, jika dalam listening tes IELTS, anda akan diberikan waktu untuk memindahkan jawaban anda ke lembar jawaban, hal ini tidak terjadi di reading tes. Anda harus mengatur waktu sedemikian rupa agar dalam waktu 60 menit, anda dapat menjawab seluruh pertanyaan dan memindahkan jawaban tersebut ke lembar jawaban.

4. Perhatikan Perintah Soal Mengenai Berapa Banyak Kata Yang Diperbolehkan

Saat mengerjakan soal reading dan listening dalam IELTS, ada beberapa bentuk pertanyaan yang hanya mengijinkan kandidat untuk menjawab dalam jumlah kata yang telah ditentukan.

contohnya Write no more than two words and/or a number for each answer.

Petunjuk ini hanya memperbolehkan anda untuk menjawab pertanyaan dengan maksimal dua kata atau angka. Jika anda menjawab lebih dari dua kata, maka sudah bisa dipastikan jawaban anda salah.

5. Perhatikan Grammar Saat Menjawab

Banyak kandidat membuat kekeliruan dalam memilih grammar saat menjawab pertanyaan di IELTS reading. Misalkan dalam memilih kata yang jamak atau tunggal. Dalam contoh soal ini misalnya:

There were towering___________in the heart of the city.

Jika jawaban untuk pertanyaan ini ada “castle”, maka anda harus menggunakan bentuk jamak yaitu “castles” karena to be yang digunakan adalah were.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah, setiap anda menjawab sebuah pertanyaan, bacalah ulang kalimat tersebut, dan pastikan grammarnya benar dan masuk akal.

6. Baca instruksi dengan seksama, walau anda telah banyak berlatih IELTS

Sering kali, kandidat merasa sudah sangat paham akan apa yang perlu diisikan di jawaban IELTS reading, sehingga mereka lupa untuk membaca perintah dari tiap pertanyaan. Saya selalu menekankan para kandidat IELTS untuk membaca perintah dengan seksama, karena ada beberapa bentuk pertanyaan dalam IELTS yang membutuhkan perhatian khusus.

Misalnya, pertanyaan yang memerlukan jawaban True, False, dan Not Given tentunya berbeda dengan Yes, No, dan Not Given. Jika kandidat tidak hati-hati, maka sangat mungkin jawaban ini tertukar, karena mungkin kandidat sudah terlalu terbiasa menjawab dengan Yes, No, dan Not given.

Contoh lain adalah untuk pertanyaan pilihan ganda dengan perintah berikut

Choose TWO letters, A-E.

Berarti anda harus memilih dua jawaban untuk pertanyaan tersebut, bukan satu jawaban.

Demikian 6 langkah sukses IELTS Reading Test, sampai jumpa di tulisan saya yang lain, teruslah berlatih bersama IELTS coach dan capailah target skor IELTS yang anda inginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s